GELOMBANG
PEMIKIRAN ISLAM
} PENGETAHUAN
ISLAM
ü ROSULLAH
SAW SBG SUMBER PENGETAHUAN
ü AL-QUR’AN
& SUNAH SBG SUMBER PENGETAHUAN
} ULUMUDDIN
ü ILMU
USHUL : FIQH, KALAM DAN TASAWUF
ü ILMU
ALAT : NAHWU, SHOROF, MANTIQ, BALAGHAH
} ORIENTALISM
} DIRASAH
ISLAMIYAH
} ROSULLAH
SAW MERUPAKAN RUJUKAN KEBENARAN DI MASA HIDUPNYA. (USWATUN HASANAH)
} SEPENINGGAL
ROSULLAH SAW, MUNCUL BERAGAM QIRO’AT AL-QUR’AN
} HADIRNYA
MUSHAF UTSMANI BERMAKSUD MENULISKAN AL-QUR’AN YG DIJADIKAN STANDAR KAUM
MUSLIMIN.
} CONTOH
SHAHABAT YG MEMPROTES MUSHAF UTSMANI : ABDULLAH BIN MAS’UD DAN UBAY BIN KA’AB
(KONON KEDUANYA BANYAK MELAKUKAN PERUBAHAN DAN PENYISIPAN DALAM TEKS ALQUR’AN).
} PENULISAN
MUSHAF UTSMANI TIDAK BERMAKSUD MENYERAGAMKAN QIRA’AT-QIRAAT YG ADA.
} ADANYA
7 QIRA’AT MASYHURAH DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBATASI KEBEBASAN QIRA’AT YG SECARA
TEKNIS DIBATASI OLEH KAIDAH-KAIDAH BAHASA
ARAB. (QIRA’AT IBN MAS’UD & UBAY DITOLAK DLIRAR BIN AMR DG ALASAN
INI).
} DASAR
DARI QIRA’AT ADALAH RIWAYAT YG SHOHIH DARI ROSULLAH SAW.
} MUNCUL
DILEMA ttg ILMU BAHASA ARAB:
} QIRA’AT
IBN AMIR : QIRAAT YG BENAR MENGIKUTI KAIDAH BAHASA ARAB.
} ZAMAKHSYARI
: AL-QUR’AN MEMBERIKAN TOLOK UKUR VALID DALAM PENGGUNAAN BAHASA ARAB, BUKAN
SEBALIKNYA.
} KALANGAN
SUNNI : LINGUISTIK DALAM AL-QUR’AN PERLU MERUJUK SASTRA ARAB KUNO PRA-ISLAM DIMANA
KAIDAH BAHASA ADA YG SIMA’I & WAZNI. (MIS. ABUL A’LA/ AL-MA’ARI)
} UMAR
BIN KHOTTOB BANYAK MENENTANG UPAYA PENAFSIRAN TERHADAP AL-QUR’AN. KALANGAN
ILMUWAN MENGANGGAP LANGKAH INI UNTUK MEMBENDUNG MASUKNYA KISAH-KISAH
ISRAILIYAT.
} MODEL
TAFSIR MUQATIL BIN SULAIMAN (W.150 H) MISALNYA : MENAFSIRKAN SURAT AL-ISRA SBG
RAMALAN KEJATUHAN KONSTANTINOPEL & ANDALUSIA.
} MODEL
TAFSIR IBNU ABBAS YG SERING MERUJUK 2 ORANG YAHUDI YG TELAH MASUK ISLAM; KA’AB
AL-AHBAR & ABDULLAH BIN SALAM & BANYAK PENYAIR KLASIK.
} INILAH
YANG MELATARBELAKANGI TAFSIR BIL MA’STUR. TAFSIR INI MENDUKUNG KOMPILASI
TERHADAP BIOGRAFI ROSULLAH (SUNAH).
} VERIFIKASI
TERHADAP SUNAH DIKENAL 3 METODE : KRITIK SANAD, MATAN & ROWI.
} SEIRING
DENGAN MENGUATNYA ORTODOKSI (AS-SALAFIYAH) YG BERBASIS TAFSIR BIL MA’STUR, MAKA
MUNCUL DIALEKTIKA OTENTISITAS (AL-ASHOLAH) YG BERBASIS TAFSIR BIR RA’YI.
MUNCULNYA
BENIH-BENIH ULUMUDDIN
} SEJARAH
KEILMUAN ISLAM TIDAK LINEAR DENGAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
} SUMBER-SUMBER
AJARAN ISLAM
ü AL-QUR’AN
: Ulumul Qur’an
ü AS-SUNNAH
: UlumulHadist
SEJARAH
ULUMUL QUR’AN
} MasaRosullah
saw
} MasaKhalifahUstman
; Mushaf al-Iman (rasmUsmani)
} MasaKhalifah
Ali ; AbulAswad Ad-Duwali (IlmuI’rab al-Qur’an)
} MufassirdariKalanganSahabat;
v EmpatKhalifah,
IbnuMas’ud, Ibnu Abbas, Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, Abu Musa al-Asy’ari,
Abdullah bin Az-Zubair
} Mufassirdarikalangantabiin;
ü MuridIbnu
Abbas ; Said bin Jubair, Mujahid, IkrimahmaulaIbnu Abbas, Thawus bin Kisan
al-Yamani, Atho bin AbiRubah. (Mekah)
ü MuridUbay
bin Ka’ab ;Zaid bin Aslam, AbulAliyah, Muhammad bin Ka’ab al-Qurazhi (Madinah).
ü Murid
Abdullah bin Mas’ud: Algamah bin Qais, Masruq bin Al-Ajda, Aswad bin Yazid,
Amir asy-syabi, Hasan al-Bashri, Qatadah bin Di’amah as-sadusi (Iraq)
ü Melahirkanilmutafsir,
ilmugharib al-Quran, ilmuasbab an-nuzul,
ilmumakkiyah-madaniyah&ilmunasikh-mansukh. Metodetalqin
(belajarlangsungdari guru).
} Abad
keduaH :masakodifikasihadistygberkaitandengantafsir.
ü Sebagianmenyatukantafsirdlmbab-babygkurangsistematis,
diriwayatkantanpamelihatberasaldariNabi, Sahabatatautabi’in.
ü Yazid
bin harun as-sulami (w.117H), Syu’bah bin al-Hajjaj (w.160H), Waki’ bin
al-Jarrah (197 H), Sufyan bin Uyainah (w.198H), Abdul Razzaq bin Hammam (221
H).
} Abad
ke-3 mulaimuncultafsirkomprehensifsesuaiurutanmushaf.
v IbnuJarirath-tabhari
(w.310H), kodifikasidalambab-babhadist,
lalukodifikasimandirisehinggamuncultafsirbilma’stur (semuladarimulut-ke-mulut,
periwayatan, laludalil al-Qur’an, Hadistserta kata sahabat&salafussholih)
dantafsirbirra’yi.
} Abad
ke-3 mulaimuncultafsirkomprehensifsesuaiurutanmushaf.
ü Ali
bin al-Madini (guru imam Bukhari, w.234H)-Asbabnuzul.
ü Abu
Ubaid al-Qasim bin Sallam (w.224) – nasikhmansukh&masalahqiraat.
ü IbnuQutaibah
(w.275 H) : problema al-Qur’an (musykilat al-Qur’an)
} Abad
ke-4 muncul mufasir2 besar
ü Muhammad
bin Khalaf (w.309 H) : al-HawifiUlumuil Qur’an
ü Abu
Bakar as-Sijistani (w.388H) : al-Istighna fi Ulumil Qur’an.
ü Al-Baqillani
(w.403H) I’jaz fi Ulumul Qur’an
ü Ali
bin Ibrahim bin Saif al-Hufi (430H): arab al-Quran
ü Al-Mawardi
(w.450H) :amstal al-Qur’an.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar